PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan kemajuan IPTEK pada era global ini teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang pesat dan canggih teknologi informasi dan koomunikasi ini sangatlah penting dalam membantu mempermudah kehidupan manusia, salah satu contohnya adalah negara IRAN, IRAN ini memilik populasi 64 juta dengan tingkat pertumbuhan 1,7 persen Penduduknya terdiri dari berbagai etnis yaitu Par, Turki (Azerbaijan), Kurd, Lore, Juni Protestan), Arab, Baluch dan Turkmen. Empat puluh satu juta tinggal di daerah pedesaan. tingkat melek huruf di Negara tersebut lebih dari 96 persen dan pendidikan sekolah adalah wajib Saat ini kurang lebih terdapat 18 juta siswa disemua sekolah sekolah baik negeri system informasi dan komunikasi teknologi (ICTs) strategi di Negaratersebuttelahdikembangkan
1.2 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dapat dirumuskan permasalaha sebagai berikut:
1. Bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ( ICT ) di IRAN
1.3 Pembatasan Masalah
Agar pembahasan masalah tidak terlalu meluas maka penulis membatasi masalah yang akan di bahas
1Bagaimana kebijakan dan strategi negara iran dalam mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi
2.Bagaimana fungsi lembaga-lembaga dalam mengembangkan ICT di IRAN
1.4 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan pada makalah ini, sebagai berikut :
1.Mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Iran
2.Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar TIK
1.5 Manfaat Penulisan
Kegunaan penulisan yaitu:
Sebagai Pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi di IRAN
Dapat melengkapi salah satu tugas Mata Kuliah pengantar TIK
1.6 Metode Penulisan
Penulisan makalah ini menggunakan metode Deskriptif dari sumber-sumber materi yang telah dikumpulkan sebagai study literatur.
BAB II
(ISI/MATERI )
IRAN adalah sebuah negara yang memiliki populasi 64 juta dengan tingkat pertumbuhan 1,7 persen. Penduduknya mewakili berbagai etnis asal termasuk Par, Turki (Azerbaijan), Kurd, Lore, Juni (Protestan), Arab, Baluch dan Turkmen. Empat puluh satu juta tinggal di daerah pedesaan. tingkat melek huruf di Negara tersebut lebih dari 96 persen dan pendidikan sekolah adalah wajib
Saat ini kurang lebih terdapat 18 juta siswa disemua sekolah baik negeri maupun swasta system informasi dan komunikasi teknologi (ICTs) strategi di Negara tersebut telah dikembangkan, kebijakan dan strategi.Dewan Informatika, didirikan setelah Revolusi Iran systemise untuk teknologi informasi (TI) dan kegiatan ICT.Dengan peran utama adalah untuk menilai dan mengklasifikasimengawasi kegiatan pengembangan piranti lunak. Lembaga lain adalah Badan Nasional ICT (NICTA), yang dipimpin oleh Presiden Iran, H.E. Khatami StrukturNICTA bertanggung jawab untuk merancang dan mengelola Aplikasi Rencana Informasi dan Komunikasi Teknologi TAKFA), yang secara keseluruhan digunakan untuk rencana pembangunan ICT di Iran.Aplikasi program (TAKFA) pada saat ini, yang paling penting inisiatif kebijakan untuk Iran. Misinya adalah untuk mendorong pengembangan yang berbasis pengetahuan ekonomi untuk mencapai tujuan berikut:
1) Membuat infrastruktur (jaringan, hukum dan keamanan) untuk Iran informasi dan komunikasi 2) Menerapkan sistem yang komprehensif komunikasi dan informasi. 3) Pengembangan tenaga kerja produktif. 4) Mendorong perkembangan ICT keterampilan di kedua tingkat individu dan lembaga.jaringan, hukum dan keamanan). digital dan perluasan keterampilan tenaga kerja di Iran.
Sebuah rencana untuk memperluas ICT di perguruan tinggi. Sebuah rencana untuk memperluas ICT di kesehatan, pengobatan dan pendidikan medis. Iran Central Asia Barat dan Selatan 61 Sebuah rencana untuk memperluas ICT di ekonomi, perdagangan, Sebuah rencana untuk mengembangkan budaya dan pengetahuan ICT, dan untuk memperkubahasa di lingkungan komputer.
Sebuah rencana untuk memperluas aktif UKM di ICT dengan membuat pusat pertumbuhan dan taman ICT. Sejumlah inisiatif akan dilakukan untuk melakukan ini rencana. Orang-orang yang paling relevan untuk sektor pendidikan adalah berikut: 1. Mengembangkan ilmu jaringan (universitas dan lembaga penelitian). 2. Mengembangkan pertumbuhan jaringan (Departemen Pendidikan's sekolah). 3. Membuat informasi terkini nasional (yakni, penciptaan dari web untuk semua badan eksekutif dan diseminasi informasi yang relevan tersebut melalui web). Pengembangan ICT di sekolah. Membuat perpustakaan digital. mengembangkan layanan medis remote control. Utama dari kegiatan TAKFA yang akan mempengaruhi pendidikan: 1. Penerapan ICT di sekolah dan tenaga kerja pembangunan (di sekolah dasar dan menengah sebagai baik sebagai lembaga pelatihan kejuruan). 2. Penerapan ICT di pendidikan tinggi (Pengobatan, Rekayasa, Ilmu Sosial, Seni, dll). Pengembangan ICT dalam isu-isu budaya (Farsi menulis dan penggunaan, seni, budaya, dll). Secara keseluruhan, total 1.650 proyek telah diserahkan secara resmi ke SCICT dengan total nilai lebih dari US $ 2,7 miliar. Sebagian besar mereka adalah untuk konsultasi, konsep pembangunan dan studi kelayakan, membuat infrastruktur dalam organisasi, penyelesaian proyek yang ditetapkan di masa lalu dan sumber daya manusia pembangunan. Saat ini tingkat akses ICT dan menggunakan Para mitra pemerintah dalam pendidikan terrmasuk Iran berikut: Departemen Pendidikan Lembaga Pelatihan Kejuruan Teheran pelatihan teknis Institut Elektronik pendidikan komite TAKFA Iran nasional radio dan TV Organisasi swasta yang menawarkan komputer pelatihan Yang paling banyak digunakan adalah multimedia ICTs CD-ROM, Web portal, elektronik dukungan dari kurikulum tradisional (PowerPoint presentasi, dll) dan newsgroup line. Departemen Pendidikan memiliki rencana untuk mengembangkan ICT aplikasi dalam pendidikan dasar dan menengah. Saat ini, 6.500 dari 15.000 Iran sekolah menengah memiliki situs komputer, dan pada tahun 2006 semua sisanya akan sebagai baik. Pertumbuhan yang Jaringan adalah rencana untuk pelayanannya endirikan fasilitas ICT di sekolah. Pedoman untuk Pertumbuhan Jaringan yang termasuk penelitian dan pengembangan, menempatkan hardware dan konektivitas Internet di tempat, pengembangan bahan-bahan pendidikan dan pelatihan untuk orang-orang di sektor pendidikan.
Lembaga Pelatihan Kejuruan yang memiliki beberapa kursus pada IT dan ICT, namun peralatan yang tidak memadai. Teheran teknis yang memberikan pelatihan Institut pelatihan terkemuka untuk Microsoft Sertifikat Sistem Rekayasa (MCSE) Elektronik pendidikan adalah komite TAKFA bertanggung jawab untuk memperluas penggunaan ICT di bidang pendidikan dengan terus untuk mengelola perkembangan proyek, melakukan seminar ICT untuk mengembangkan keahlian, mengidentifikasi sesuai pendidikan dan model membangun basis data digital pendidikan. Mereka terus pendidikan untuk mengembangkan produk perangkat lunak (semua CD-ROM), dengan 25 produk pada tahun 2000 meningkat menjadi 100 pada tahun 2002. Ironis Nasional Radio dan TV menawarkan Pendidikan Saluran, yang menawarkan banyak program di bidang IT-mata pelajaran yang terkait mulai dari cara menggunakan berbagai perangkat lunak untuk menunjukkan ilmiah dan dokumenter. Ada juga stasiun radio, endidikan Station, yang menawarkan program serupa. Publik lainnya yang efektif siaran media adalah teletext diberikan oleh TV channel 2 (versi Persia) dan 3 (versi Bahasa Inggris). Ini menawarkan berbagai informasi yang secara berkala diperbarui, serta informasi harian pada hal-hal yang baru terjadi. Swasta menawarkan pelatihan di laboratorium komputer disertifikasi oleh Departemen Pekerjaan dan Asuransi Sosial. Ini adalah pusat pelatihan yang berhubungan dengan IT. Mereka memiliki dibentuk asosiasi mereka sendiri,
Kepala Lab Komputer. UNESCO Meta-survei tentang Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Berdasarkan statistik terbaru yang tersedia, 1100 komputer laboratorium sedang aktif di daerah (lihat www.isaci.com). Karena dari luas mengabaikan hak cipta, terdapat tidak banyak motivasi untuk produksi pendidikan perangkat lunak, namun tampaknya ini dapat berubah. Dalam beberapa tahun terakhir, Dewan Tinggi Informatika telah menetapkan hak cipta untuk Iran produk perangkat lunak; tantangan sekarang adalah untuk menerapkan hukum. Keaksaraan di komputer dan penggunaan komputer tidak ada perbedaan antara Gendang. Namun, aturan Islam untuk anak laki-laki dan perempuan masih berlaku untuk beberapa hal. Juga di daerah pedesaan dan kota kecil ada nyanyi dan kekhawatiran tentang menggunakan komputer, khususnya mengenai World Wide Web Inisiatif utama Departemen Pendidikan telah dimulai sebuah Elektronik Rencana sekolah di 10 sekolah yang memudahkan penggunaan komputer dan menyediakan pelatihan untuk guru dan peserta didik.
Pardis Teknologi Park terletak di dalam kawasan Pardis di timur laut dari ibukota teheran. Ia berencana untuk menyediakan berbagai layanan termasuk layanan ICT pelatihan dan pendidikan; konsultasi, dan investasi pemasaran; perbankan, asuransi dan pembiayaan; dan laboratorium dan fasilitas lokakarya. SchoolNet didirikan dengan dukungan dari Sains dan Seni Foundation (SAF) dan Sharif Universitas Teknologi. SchoolNet memungkinkan untuk sekolah dan budaya lembaga untuk menyambung ke Internet. Selain itu, di pusat intranet SchoolNet memfasilitasi akses ke sumber daya pendidikan pada web dan menyediakan portal untuk berinteraksi dengan pengguna. Lembaga Pelatihan Kejuruan yang telah ditetapkan tujuh pusat ICT untuk pendidikan. Jumlah ini akan meningkat menjadi 30 pada tahun 2004. Pada Maret 2003, departemen institusi ini telah dilengkapi dengan komputer situs. Elektronik pendidikan komite TAKFA baru-baru ini diadakan sebuah seminar pendidikan elektronik di Teheran yang dibawa bersama dan spesialis berpengalaman teknologi untuk brainstorming tentang kedua-dua literatur perspektif dan e-learning. Sejumlah kertas disampaikan dan beberapa lokakarya dilaksanakan. Website www.irankids.com untuk menyediakan layanan anak-anak yang termasuk pelatihan dalam bidang ilmu pengetahuan seperti aritmatika, keselamatan, seni dan musik; hiburan seperti Anda membutuhkan sebagai, komik, lelucon, dan gambar galeri permainan komputer; orangtua pelatihan seperti gizi untuk anak-anak, bagaimana untuk "teknologi" Anda anak-anak dan bagaimana untuk bertingkah terhadap anak-anak Anda; internet sekolah untuk Iran anak; dan berita board untuk anak-anak. Virtual kelas pertama adalah pelatihan guru-line kelas dipromosikan oleh Penelitian dan Pemrograman Organisasi. Memberikan kesempatan untuk nomor ahli dari Dinas Pendidikan untuk mengambil bagian di kelas dan pengalaman sebagai siswa kelas virtual. Proyek ini diusulkan oleh Parviz Dullayee, Presiden EDTLab dan staf Elektronik, Komputer dan Telekomunikasi Departemen Universitas Wollongong. Isi delapan minggu kursus berfokus pada hardware dan software komputer, sambungan ke Internet dan aplikasi berbasis web. Contoh pelatihan Lembaga Pelatihan kejuruan yang telah ICT kursus untuk 3.000 guru. Semua staf pemerintah harus mengambil 130 jam saja pada MS Office dan konsep ICT. Tujuh puluh ribu guru dari Departemen Pendidikan kursus ICDL telah berlalu. Isi kursus tersebut mencakup informasi umum TI, pengenalan untuk OS dan bekerja dengan file, kata pengolahan, elektronik presentasi, spreadsheet, database, dan Internet mail dan menggunakan mesin pencari.
Kendala pada penggunaan ICT Departemen Pendidikan kendala Saat ini kendala pada penggunaan ICT di bidang pendidikan adalah sebagai berikut: Swasta lembaga pelatihan komputer yang memberikan pelatihan ICT apapun tidak memenuhi standar Ada sedikit penekanan pada pengembangan ketrampilan ICT strategi dalam pendidikan kejuruan dan departemen. Tidak ada standar nasional berbeda untuk e-learning. Ada kurangnya pengetahuan tentang undang-undang hak cipta, dan pelaksanaannya, yang menciptakan memahami lingkungan bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap e-learning. Tidak ada standar antara banyaknya pelatihan laboratorium komputer yang tidak sah. Ada keperluan untuk mendirikan sebuah pusat untuk memantau dan mengevaluasi fungsi pelatihan laboratorium komputer. Iran Central Asia Barat dan Selatan Ada kurangnya evaluasi efisiensi. Tidak ada program berbeda untuk mengembangkan ICT di pada tingkat dasar dan menengah Strategi dari negara-negara lain telah disalin dengan tidak budaya adaptasi. ICT telah digunakan dalam mengajar tanpa mengubah sebelumnya infrastruktur dan praktek-praktek tradisional. Masih kurangnya informasi untuk orang tua tentang Penggunaan
ICT dalam mengajar. Kendala pemerintah Kekurangan nasional e-learning strategi telah menyebabkan terpencil proyek berbeda dan berkualitas Siswa memiliki sedikit akses ke komputer dan TV. Bandwidth rendah mengarah pada penurunan tajam data layanan transfer di Internet. Infrastruktur telekomunikasi untuk menghubungkan sekolah nasional untuk intranet tidak memuaskan. Masih kurangnya pelatih berpengalaman dalam bidang ICT.Ada yang tidak memuaskan tingkat keahlian dalam parsi antara siswa di daerah-daerah yang telah tertentu dialek dan / atau bahasa yang berbeda (e.g., W. Azerbaijan, E. Azerbaijan, Zanjan, Ardabil, Kermanshah, Kordestan, Sistan dan Balouchestan). Sekolah tidak memiliki baris yang memungkinkan Internet konektivitas. Ada kurangnya Farsi aplikasi dan skrip masalah. Terdapat kekurangan yang kuat dan terpadu manajemen untuk pengembangan ICT untuk negara. ICT untuk proyek-proyek yang diberikan pemerintah perusahaan. Ada sejumlah keputusan badan tanpa membedakan peran penjelasan. masih kurangnya infrastruktur TI di masyarakat umumnya dan khususnya di dasar dan menengah sekolah. Kurangnya laboratorium komputer dan lokal jaringan akses ditambah konektivitas Internet yang miskin dasar kesulitan.
Analisis Berikut ini adalah strategi yang diusulkan untuk meningkatkan dan mengembangkan penggunaan ICT dalam sistem pendidikan: 1. Mengembangkan dan menyebarluaskan rencana strategis nasional untuk e-learning yang cocok untuk primer, sekunder tinggi dan sekolah, serta pelatihan kejuruan pusat. (Item ini bertugas pada daftar Tinggi Dewan Informatika - e-learning panitia.) Kereta spesialis guru untuk mengembangkan ICT dalam mengajar sekolah. Kereta ICT spesialis di Dinas Pendidikan. 2. Kepala sekolah untuk memperkenalkan penggunaan ICT dan membantu mereka mengembangkan sekolah mendukung budaya. Mengembangkan visi untuk pendidikan yang didasarkan pada belajar sepanjang hayat. tahan pelatihan seminar untuk memperkenalkan keluargaKepenggunaanICTdalammengajar. 3. Aktifkan asosiasi orang tua-guru untuk mendukung penggunaan ICT dalam mengajar. Aktifkan dewan kota untuk bertindak seperti fasilitator untuk mengembangkan penggunaan ICT dalam mengajar.
BAB III
KESIMPULAN
Saat ini kurang lebih terdapat 18 juta siswa disemua sekolah baik negeri maupun swasta system informasi dan komunikasi teknologi (ICTs) strategi di Negara tersebut telah dikembangkan, kebijakan dan strategi.Dewan Informatika, didirikan setelah Revolusi Iran systemise untuk teknologi informasi (TI) dan kegiatan ICT.Dengan peran utama adalah untuk menilai dan mengklasifikasimengawasi kegiatan pengembangan piranti lunak. Lembaga lain adalah Badan Nasional ICT (NICTA), yang dipimpin oleh Presiden Iran, H.E. Khatami StrukturNICTA bertanggung jawab untuk merancang dan mengelola Aplikasi Rencana Informasi dan Komunikasi Teknologi TAKFA), yang secara keseluruhan digunakan untuk rencana pembangunan ICT di Iran.Aplikasi program (TAKFA) pada saat ini, yang paling penting inisiatif kebijakan untuk Iran. Misinya adalah untuk mendorong pengembangan yang berbasis pengetahuan ekonomi untuk mencapai tujuan berikut:
1) Membuat infrastruktur (jaringan, hukum dan keamanan) untuk Iran informasi dan komunikasipembangunan. 2) Menerapkan sistem yang komprehensif komunikasi dan informasi. 3) Pengembangantenagakerjaproduktif. 4) Mendorong perkembangan ICT keterampilan di kedua tingkat individu dan lembaga
DAFTAR PUSTAKA
Website • www.mche.or.ir - Menteri Sains, Riset dan Teknologi situs • www.irandoc.ac.ir - The IRANDOC situs, yang utama adalahbekerjapenelitian,pelatihan dan informasi layanan. Penelitian tentang informasi ilmu pengetahuan,sebagai bagian dari IRANDOC misi, dilakukan oleh penelitian unit. Unit ini bekerja di perpustakaan dan informasi, informasi analisis, sistem informasi manajemen, dan terminologi thesauri dan teknologi informasi. IRANDOC juga sekretariat dan anggota Dewan Nasional Penelitian I.R. Iran, dan mewakili Iran di ASTINFO (UNESCO-daerah didukung jaringan untuk pertukaran informasi dan pengalaman dalam sains dan teknologi di Asia dan Pasifik). • www.iranict.org-Departemen PTT. Website ini memperkenalkan pembaca untuk penggunaan ICT untuk pembangunan dan telah mengumpulkan beberapa linkberguna. • www.shci.ir • www.irankids.com • www.techpark.com • www.iran-ict.org - Iran Nasional Informasi dan Komunikasi Teknologi agenda; Peraturan koneksi internet selular (ICP). • www.schoolnet.ir - Website ini memberikan informasi rinci tentang tujuan dan program SchoolNet dari Iran. • www.sanaray.com - Website dari Sanaray Corporation, yang merupakan konsorsium yang didirikan pada tahun 1998 ketika sejumlah besar Iran perangkat lunak perusahaan datang bersama-sama, berdasarkan rekomendasi dari pihak pemerintah Iran. • www.irica.com - The Iran Informatika Asosiasi Perusahaan (IRICA) dibentuk pada 1944 dengan tujuan utama menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi dan industri ICT di Iran.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Makalah ICT Iran di blog maxtroom jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.